Selasa, 19 Agustus 2014

Artikel Pendidikan


Pentingnya Metode Pembelajaran Guru Masa Depan



Guru masa depan adalah seorang pengajar yang kelak nanti menggantikan guru-guru yang sudah pensiun (lanjut usia). Guru masa depan adalah orang yang diharapkan bisa menjadi pengajar professional dan mempunyai metode belajar yang banyak disukai siswa zaman sekarang. Karena jika metode pengajaran seorang guru tidak disukai siswanya, maka dapat disimpulkan guru tersebut tidak mempunyai ciri khas atau karakter dalam menyampaikan ilmunya kepada siswa. Ada pepatah mengatakan “Ilmu dari gurumu seperti mata air yang tak pernah habis. Semakin diambil semakin jernih airnya.
Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi siapa saja yang meminumnya”. Dari pepatah itu kita bisa memastikan peranan guru sangatlah mempengaruhi siswanya, tanpa ilmu dari seorang guru kita tidak akan mengetahui perkembangan zaman yang modern  seperti sekarang ini. Dari situlah guru dituntut agar bisa membuat siswanya nyaman dan tertarik dengan metode pengajarannya yang mempunyai cirri khas masing-masing.
Dengan adanya metode pembelajaran yang dimiliki di setiap seorang guru pastilah seorang siswa dapat menilai dan membedakan mana ciri khas guru yang menyenangkan, asyik, lucu, killer, menjengkelkan ataupun membosankan.  Dari macam-macam karakter tersebut ada dampak positif maupun negative tergantung siswa dalam mengatasinya.
Dampak positif yang akan ditimbulkan jika seorang guru mempunyai cirri yang berbeda-beda, siswa tidak akan stess saat bersekolah. Misalnya, dalam satu hari setiap satu kelas berganti empat mata pelajaran dapat dipastikan guru setiap mata pelajaran berbeda-beda dari situlah siswa akan menghadapi karakter dan juga metode pengajaran yang berbeda. Dengan suasana yang berbeda-beda siswa tidak akan jenuh karena suasana kelasnya tidak monoton bertemu dengan satu guru saja. Selain itu jika setelah kelasnya tegang karena dimasuki guru yang killer , lalu berganti guru yang sangat sabar atau sering disebut “woles” siswa pasti mendapat kelonggaran berfikir dan tidak lagi tegang.

Selain dampak positif ada pula dampak negative yang akan terjadi jika seorang guru memiliki cirri berbeda , siswa cenderung focus pada guru yang killer saja. Karena dia beranggapan mendapatkan nilai dari guru yang killer itu jauh lebih susah dibandingkan guru yang woles. Dengan sikap siswa yang seperti itu guru yang sabar dipandang tidak terlalu penting dan kurang dihormati. Padahal tidak ada peraturan harus lebih menghargai guru killer. Semua harus sama dan adil dalam menghormati semua guru.Itulah dampak positif  maupun dampak negative jika guru mempunyai cirri yang berbeda-beda.
Di sisi lain daya tanggap siswapun berbeda-beda, dari situlah peranan guru sangat berpengaruh. Diharapkan semua guru dapat menerima kekurangan- kekurangan siswa yang beragam. Karena jika guru tidak bisa ataupun sulit menerima kekurangan siswanya  dapat dipastikan siswa akan malas dalam belajar. Contohnya saja jika daya tanggap siswa A dengan siswa B lebih cepat si A , otomatis guru lebih suka kepada si A. Tetapi dalam hal tersebut guru harus tetap memperhatikan si B yang belum paham. Sikap guru yang seperti itulah yang banyak membuat siswa yang daya tanggapnya biasa saja merasa tidak dipedulikan oleh gurunya.
Sikap guru yang lebih memprioritaskan siswa yang pintar saja sebenarnya tidak layak untuk menjadi guru di masa yang akan datang. Karena di era sekarang ini siswa lebih senang apabila gurunya bukan hanya seorang pengajar tetapi sebagai tempat sharing jika siswa ada masalah. Mungkin benar jika tempat siswa mengeluhkan masalahnya adalah bagiab BK/BP. Akan tetapi ada siswa yang ingin meluapkan masalahnya kepada guru matematika karena orangnya lebih nyambung jika siswa bercerita masalahnya. Jadi, di masa yang akan datang guru secara alamiah akan lebih dituntut harus serba bisa menghadapi siswanya. Karena jika tidak, akan banyak siswa yang membrontak, mbolos, tidak sopan kepada gurunya sebab tidak suka dengan kepribadian gurunya yang tidak membuat siswa nyaman saat menerima ilmunya.
Sebagai seorang guru seharusnya sejak dini telah mempersiapkan metode pembelajaran yang unik agar siswa semangat dalam belajar, misalnya seperti sekarang ini guru mengadakan kuis/pretest kepada siswanya sebelum pembelajaran berlangsung. Hal itu bertujuan agar menuntut siswa belajar di hari sebelum kuis. Jadi, siswa akan berusaha agar mendapat point dari guru yang mengadakan kuis tersebut.
Contoh lainnya, guru bahasa inggris dalam menyampaikan pelajarannya selalu mewajibkan siswa berbicara bahasa inggris semampunya agar siswa terlatih dan berani berbahasa inggris walaupun belum sepenuhnya benar secara gramatik.
Adapula metode guru yang banyak diminati dan membuat siswanya rileks dalam belajar, yaitu dengan didampingi iringan music saat pelajaran dimulai. Akan tetapi metode ini sulit untuk dilakukan jika pelajaran yang sedang diajarkan adalah saintek. Karena saintek memerlukan ketenangan jika pelajaraannya telah berlangsung. Metode ini cocok untuk pelajaran yang memang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi tinggi, misalnya seni rupa dengan iringan music pasti siswa yang sedang mendapat tugas menggambar akan memperoleh imaginasi-imaginasi yang unik dengan iringan music tersebut. Metode ini memang sudah pasaran, tetapi masih ada yang memakainya. Yang dikhawatirkan oleh guru apabila memakai metode ini ada beberapa siswa yang mungkin tidak suka dengan hal yang ramai seperti music, entah karena suka suasana hening atau mungkin tidak terbiasa belajar dengan diiringi music.
Metode pembelajaran yang sekarang hampir setiap hari di pakai oleh guru, diantaranya presentasi dan evaluasi secara online. Mengapa demikian, karena dengan metode presentasi ini siswa akan lebih diarahkan jeli dengan apa yang ditampilkan dalam persentasi. Dan juga ada waktunya nanti guru menyuruh siswa membentuk kelompok untuk membuat suatu presentasi dimana nanti siswa bergantian memecahkan masalah bersama kelompok lain. Tujuan presentasi bagi siswa bukan suatu diskusi melainkan debat, padahal tujuan sebenarnya dari metode ini melatih siswa agar kritis dalam menanggapi apa yang ditampilkan maupun dibahas pada saat presentasi. Keuntungan presentasi ini juga banyak salah satunya menambah wawasan siswa saat mencari sumber materi yang akan di tampikan. Dan bagi siswa yang suka memperindah tampilan presentasi dengan menggunakan power point akan membuat siswa berlatih dan mencoba membuat karya yang indah agar saat dipresentasikan tidak mengecewakan audience, tetapi mebuatnya terkesima dengan presentasi yang telah disusunnya. Kekurangan dari metode ini juga banyak diantaranya siswa yang membuat bahan presentasi hanya satu atau dua orang saja jika ada siswa yang malas dalam satu kelompok, terkadang jika guru tidak mengetahui ada siswa yang mendapatkan power point presentasi dari internet sehingga mereka hanya copas saja dari internet.

Jika metode evaluasi online memang bagus dan maju untuk sekarang, tetapi masih banyak masalah-masalah yang timbul. Misalnya, saat mengerjakan ulangan online internet siswa lemot sehingga banyak yang belum dikerjakan, ada juga mati lampu saat mengerjakan, dan yang terakhir ada juga anak yang curang dalam mengerjakan yaitu dengan cara menjadikan ulangan temannya sebagai uji coba, jadi dia telah mengetahui soal ulangan terlebih dahulu (tidak sportif).

 Dari berbagai metode-metode yang telah disebutkan, dapat dilihat betapa pentingnya metode pembelajaran yang harus dimiliki setiap guru agar memiliki cirri khas di mata siswa-siswanya. Tetapi alangkah bagus lagi apabila cirri maupun metode yang dimiliki guru membuat siswa semangat dalam belajarnya. Walaupun kadang guru yang killer itu tidak disukai siswa tetapi banyak dampak positif  yang diperoleh siswa dari metodenya. Tidak disukai siswa memang tidak enak didengar , akan tetapi jika guru tersebut mempunyai tujuan agar siswanya maju dan semangat dalam belajar tidak ada salahnya. Bahkan nanti di masa depan, siswa yang tidak suka kepada guru yang killer tersebut akan berterimakasih karena dengan sikapnya yang tegas dalam membimbing si siswa menjadi orang yang luar biasa. Itulah pentingnya metode pembelajaran yang harus dimiliki guru masa depan, agar penerus bangsa ini menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar