Pentingnya Metode Pembelajaran Guru Masa Depan
Guru masa depan
adalah seorang pengajar yang kelak nanti menggantikan guru-guru yang sudah
pensiun (lanjut usia). Guru masa depan adalah orang yang diharapkan bisa menjadi
pengajar professional dan mempunyai metode belajar yang banyak disukai siswa
zaman sekarang. Karena jika metode pengajaran seorang guru tidak disukai
siswanya, maka dapat disimpulkan guru tersebut tidak mempunyai ciri khas atau
karakter dalam menyampaikan ilmunya kepada siswa. Ada pepatah mengatakan “Ilmu
dari gurumu seperti mata air yang tak pernah habis. Semakin diambil semakin
jernih airnya.
Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi siapa saja yang meminumnya”. Dari pepatah itu kita bisa memastikan peranan guru sangatlah mempengaruhi siswanya, tanpa ilmu dari seorang guru kita tidak akan mengetahui perkembangan zaman yang modern seperti sekarang ini. Dari situlah guru dituntut agar bisa membuat siswanya nyaman dan tertarik dengan metode pengajarannya yang mempunyai cirri khas masing-masing.
Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi siapa saja yang meminumnya”. Dari pepatah itu kita bisa memastikan peranan guru sangatlah mempengaruhi siswanya, tanpa ilmu dari seorang guru kita tidak akan mengetahui perkembangan zaman yang modern seperti sekarang ini. Dari situlah guru dituntut agar bisa membuat siswanya nyaman dan tertarik dengan metode pengajarannya yang mempunyai cirri khas masing-masing.
Dengan adanya metode
pembelajaran yang dimiliki di setiap seorang guru pastilah seorang siswa dapat
menilai dan membedakan mana ciri khas guru yang menyenangkan, asyik, lucu, killer,
menjengkelkan ataupun membosankan. Dari
macam-macam karakter tersebut ada dampak positif maupun negative tergantung
siswa dalam mengatasinya.
Dampak positif yang
akan ditimbulkan jika seorang guru mempunyai cirri yang berbeda-beda, siswa
tidak akan stess saat bersekolah. Misalnya, dalam satu hari setiap satu kelas
berganti empat mata pelajaran dapat dipastikan guru setiap mata pelajaran
berbeda-beda dari situlah siswa akan menghadapi karakter dan juga metode
pengajaran yang berbeda. Dengan suasana yang berbeda-beda siswa tidak akan
jenuh karena suasana kelasnya tidak monoton bertemu dengan satu guru saja.
Selain itu jika setelah kelasnya tegang karena dimasuki guru yang killer , lalu
berganti guru yang sangat sabar atau sering disebut “woles” siswa pasti mendapat
kelonggaran berfikir dan tidak lagi tegang.
Selain dampak positif
ada pula dampak negative yang akan terjadi jika seorang guru memiliki cirri
berbeda , siswa cenderung focus pada guru yang killer saja. Karena dia
beranggapan mendapatkan nilai dari guru yang killer itu jauh lebih susah
dibandingkan guru yang woles. Dengan
sikap siswa yang seperti itu guru yang sabar dipandang tidak terlalu penting
dan kurang dihormati. Padahal tidak ada peraturan harus lebih menghargai guru
killer. Semua harus sama dan adil dalam menghormati semua guru.Itulah dampak
positif maupun dampak negative jika guru
mempunyai cirri yang berbeda-beda.
Di sisi lain daya
tanggap siswapun berbeda-beda, dari situlah peranan guru sangat berpengaruh.
Diharapkan semua guru dapat menerima kekurangan- kekurangan siswa yang beragam.
Karena jika guru tidak bisa ataupun sulit menerima kekurangan siswanya dapat dipastikan siswa akan malas dalam
belajar. Contohnya saja jika daya tanggap siswa A dengan siswa B lebih cepat si
A , otomatis guru lebih suka kepada si A. Tetapi dalam hal tersebut guru harus
tetap memperhatikan si B yang belum paham. Sikap guru yang seperti itulah yang
banyak membuat siswa yang daya tanggapnya biasa saja merasa tidak dipedulikan
oleh gurunya.
Sikap guru yang lebih
memprioritaskan siswa yang pintar saja sebenarnya tidak layak untuk menjadi
guru di masa yang akan datang. Karena di era sekarang ini siswa lebih senang
apabila gurunya bukan hanya seorang pengajar tetapi sebagai tempat sharing jika siswa ada masalah. Mungkin
benar jika tempat siswa mengeluhkan masalahnya adalah bagiab BK/BP. Akan tetapi
ada siswa yang ingin meluapkan masalahnya kepada guru matematika karena orangnya
lebih nyambung jika siswa bercerita masalahnya. Jadi, di masa yang akan datang guru
secara alamiah akan lebih dituntut harus serba bisa menghadapi siswanya. Karena
jika tidak, akan banyak siswa yang membrontak, mbolos, tidak sopan kepada
gurunya sebab tidak suka dengan kepribadian gurunya yang tidak membuat siswa
nyaman saat menerima ilmunya.
Sebagai seorang guru
seharusnya sejak dini telah mempersiapkan metode pembelajaran yang unik agar
siswa semangat dalam belajar, misalnya seperti sekarang ini guru mengadakan
kuis/pretest kepada siswanya sebelum pembelajaran berlangsung. Hal itu
bertujuan agar menuntut siswa belajar di hari sebelum kuis. Jadi, siswa akan
berusaha agar mendapat point dari guru yang mengadakan kuis tersebut.
Contoh lainnya, guru
bahasa inggris dalam menyampaikan pelajarannya selalu mewajibkan siswa
berbicara bahasa inggris semampunya agar siswa terlatih dan berani berbahasa
inggris walaupun belum sepenuhnya benar secara gramatik.
Adapula metode guru
yang banyak diminati dan membuat siswanya rileks dalam belajar, yaitu dengan
didampingi iringan music saat pelajaran dimulai. Akan tetapi metode ini sulit
untuk dilakukan jika pelajaran yang sedang diajarkan adalah saintek. Karena
saintek memerlukan ketenangan jika pelajaraannya telah berlangsung. Metode ini
cocok untuk pelajaran yang memang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi tinggi,
misalnya seni rupa dengan iringan music pasti siswa yang sedang mendapat tugas
menggambar akan memperoleh imaginasi-imaginasi yang unik dengan iringan music
tersebut. Metode ini memang sudah pasaran, tetapi masih ada yang memakainya.
Yang dikhawatirkan oleh guru apabila memakai metode ini ada beberapa siswa yang
mungkin tidak suka dengan hal yang ramai seperti music, entah karena suka
suasana hening atau mungkin tidak terbiasa belajar dengan diiringi music.
Metode pembelajaran
yang sekarang hampir setiap hari di pakai oleh guru, diantaranya presentasi dan
evaluasi secara online. Mengapa demikian, karena dengan metode presentasi ini
siswa akan lebih diarahkan jeli dengan apa yang ditampilkan dalam persentasi.
Dan juga ada waktunya nanti guru menyuruh siswa membentuk kelompok untuk
membuat suatu presentasi dimana nanti siswa bergantian memecahkan masalah
bersama kelompok lain. Tujuan presentasi bagi siswa bukan suatu diskusi
melainkan debat, padahal tujuan sebenarnya dari metode ini melatih siswa agar
kritis dalam menanggapi apa yang ditampilkan maupun dibahas pada saat
presentasi. Keuntungan presentasi ini juga banyak salah satunya menambah
wawasan siswa saat mencari sumber materi yang akan di tampikan. Dan bagi siswa
yang suka memperindah tampilan presentasi dengan menggunakan power point akan
membuat siswa berlatih dan mencoba membuat karya yang indah agar saat
dipresentasikan tidak mengecewakan audience, tetapi mebuatnya terkesima dengan
presentasi yang telah disusunnya. Kekurangan dari metode ini juga banyak
diantaranya siswa yang membuat bahan presentasi hanya satu atau dua orang saja
jika ada siswa yang malas dalam satu kelompok, terkadang jika guru tidak
mengetahui ada siswa yang mendapatkan power point presentasi dari internet
sehingga mereka hanya copas saja dari
internet.
Jika metode evaluasi
online memang bagus dan maju untuk sekarang, tetapi masih banyak
masalah-masalah yang timbul. Misalnya, saat mengerjakan ulangan online internet
siswa lemot sehingga banyak yang belum dikerjakan, ada juga mati lampu saat
mengerjakan, dan yang terakhir ada juga anak yang curang dalam mengerjakan
yaitu dengan cara menjadikan ulangan temannya sebagai uji coba, jadi dia telah
mengetahui soal ulangan terlebih dahulu (tidak sportif).
Dari berbagai
metode-metode yang telah disebutkan, dapat dilihat betapa pentingnya metode
pembelajaran yang harus dimiliki setiap guru agar memiliki cirri khas di mata
siswa-siswanya. Tetapi alangkah bagus lagi apabila cirri maupun metode yang
dimiliki guru membuat siswa semangat dalam belajarnya. Walaupun kadang guru
yang killer itu tidak disukai siswa tetapi banyak dampak positif yang diperoleh siswa dari metodenya. Tidak
disukai siswa memang tidak enak didengar , akan tetapi jika guru tersebut
mempunyai tujuan agar siswanya maju dan semangat dalam belajar tidak ada
salahnya. Bahkan nanti di masa depan, siswa yang tidak suka kepada guru yang
killer tersebut akan berterimakasih karena dengan sikapnya yang tegas dalam
membimbing si siswa menjadi orang yang luar biasa. Itulah pentingnya metode
pembelajaran yang harus dimiliki guru masa depan, agar penerus bangsa ini
menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar